Petanque sebenarnya olah raga

 

Federasi Olahraga Petanque Indonesia atau FOPI didirikan pada 18 Maret 2011 yang dipersiapkan untuk mengikuti SEA GAMES XXVI 2011 di Jakabaring, Sumatera Selatan, Indonesia pada November 2011. Setelah pelaksanaan SEA GAMES, Komite Olahraga Nasional Indonesia mengembangkan olahraga Petanque, tidak hanya dipersiapkan untuk training para atlet, tetapi dikembangkan menjadi salah satu cabang olahraga nasional.

Ditunjuk sebagai Presiden FOPI adalah Caca Isa Saleh. Dialah orang yang pertama kali menjadi orang nomor satu dalam olahraga Petanque Indonesia. Caca sesungguhnya bukan atlit Petanque, tetapi dia punya kepedulian yang besar untuk mengembangkan olah raga yang tergolong baru dikenal publik Indonesia. Di tengah kesibukannya sebagai Direktur Utama PDPDE (Perusahaan daerah Pertambangan dan Energi) Sumatera Selatan), Caca mempersiapkan berdirinya FOPI dan melatih para atlit serta membuka cabang di berbagai daerah.

 

“Mungkin ini satu-satunya BUMD yang mengurusi olahraga. Saya ingin olah raga ini populer di kalangan masyarakat Indonesia. Berbeda dengan masyarakat di sejumlah negara kawasan Asia Tenggara, Petanque sudah dikenal sejak puluhan tahun silam seperti di Malaysia, Laos, Kamboja, Thailand, Vietnam dan Brunei Darussalam. Bahkan sudah populer dan merakyat,” ujar Caca.

Meski tergolong olah raga baru di Indonesia, Petanque sebenarnya termasuk olah raga yang sudah punya nama. Di dunia, negara-negara yang kuat dan konsisten mengembangkan petanque adalah negara-negara yang pernah dijajah oleh Prancis, negara yang memang melahirkan cabang olah raga tersebut.

Pétanque adalah suatu bentuk permainan boules yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonnet dan kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan di tanah keras atau minyak, tapi juga dapat dimainkan di rerumputan, pasir atau permukaan tanah lain.

Untuk mempopulerkan Petanque, menurut Caca, langkah awal yang harus segera dilakukan adalah melakukan sosialisasi. Salah satunya melalui pembentukan pengurus daerah. Salah satu provinsi yang sudah membentuk pengda adalah Sumatera Selatan. “Kalau di seluruh provinsi di sumatera sudah ada Pengda maka rutinitas pertandingan pasti di Sumatera Selatan dan dapat diikuti olah daerah-daerah di Sumatera juga," katanya menambahkan.

Saat ini, ada lima provinsi lain yang mulai aktif  memperkenalkan Petanque. Yakni, Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Timur. Namun ada dua provinsi lagi, yakni Bali dan Jawa Tengah, yang masih dalam penjajakan. Untuk itu, Caca sedang gencar memperkenalkan Petanque ke tengah-tengah lembaga pendidikan yakni dari SD hingga SMA, serta kepada masyarakat luas.

 

Petanque Indonesia 2014 www.petanqueindonesia.com